Senin, 29 Februari 2016

TTEOKBOKKI


Tteokbokki adalah penganan Korea berupa tteok dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Penganan ini merupakan makanan rakyat yang banyak dijual dipojangmacha.
Pada awalnya, penganan ini berasal dari masakan istana Dinasti Joseon yang disebut gungjung tteokbokki. Pada waktu itu, masakan ini berupa huintteok yang dimasak dengan kecap asin bersama daging sapibagogarikecambah kacang hijaupeterseli,shiitakewortel, dan bawang bombay. Rasanya jauh berbeda dari tteokbokki berbumbu cabai yang dikenal sekarang. Selain itu, tteok yang dipakai bisa terdiri dari 5 warna yang melambangkan Korea: merahkuningputihhitam, dan biru.

Variasi dari Tteokbokki:
1) Haemul tteokbokki(해물 떡볶이) tteokbokki makanan laut)

2) Gungjung tteokbokki (궁중 떡볶이) atau disebutganjang tteokbokki(간장 떡볶이) karena berbumbu kecap asin (ganjang)

3) Tteokbokki keju(치즈 떡볶이)

4) Tteok kkochi, tteokbokki dalam tusukan bambu

JJAJANGMYUN

Jajangmyeon (atau jjajangmyeon) adalah jenis Masakan Korea yaitu mi saus pasta kacang kedelai hitam. Jajangmyeon dipengaruhi kuliner Tionghoa, dan orang Tiongkok biasa menyebutnya Zhajiangmian (炸醬麵). Jajang artinya saus goreng, dan myeon artinya mie.

Variasi dari Jjajangmyun:
Jajangmyeon memiliki variasi yang lain seperti ganjajangmyeon (간자장면) atau jajangmyeon yang disajikan dengan mie yang sausnya terpisah (tidak dicampur). Variasi lainnya adalah samseon jajangmyeon (삼선자장면) yang menggunakan sausnya dengan campuran makanan laut seperti teripangcumi-cumi dan udang, tapi tidak pernah menggunakan ikan. Sedangkan Samseon ganjajangmyeon(삼선간자장면) komposisinya terdiri dari mie dengan saus yang berisikan makanan laut tapi juga tidak dicampurkan dengan mienya.
Dalam kebiasaan sehari-hari orang Korea tidak menyebutkan kata myeon, mereka hanya menyebutkan kependekannya saja seperti jajangganjajangsamseon jajang atausamseon ganjajang.
Jenis makanan lain yang menggunakan saus jajang adalah jajangbap yang terdiri dari saus jajang yang disajikan dengan nasi. Biasanya orang Korea mencampurkannya dengan nasi goreng yang disebut bokeumbap. Sebagai makanan tambahan disajikan juga danmuji (lobak cina).
Gan Jjajangmyun</

Samseon Jjajangmyun

Jajangbap

SOURCE: Wikipedia Bahasa Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar